My Homepages

Jul 22, 2010

Panas Matahari, Halo dan Salju ^^

  1. Matahari kita mempunyai panas permukaan sekitar 5500 derajat Kelvin (satuan Kelvinmerupakan satuan panas yang dipakai dalam riset-riset ilmiah). Sedangkan dalam satuancelcius, sekitar 5315 derajat Celcius. Pusat matahari panasnya mencapai 13.600.000 derajatKelvin. (0 derajat Celcius = 273 derajat Kelvin, dan 100 derajat Celcius = 373 derajat Kelvin). Panasnya matahari sebenarnya terjadi akibat pembakaran reaksi fusi nuklir dipermukaannya. Pembakaran reaksi fusi nuklir ini terjadi antara Hidrogen,Helium,Oksigen,Nitrogen dan beberapa gas lainnya...
Struktur Matahari



2. Mata sebenarnya adalah organ tubuh yang sangat peka terhadap cahaya. Pada saat kita memandang matahari, kita akan merasakan silau pada mata karena cahayanya yang terang. Jika kita memandang cahaya matahari lebih lama, mungkin sekali dapat mengakibatkan perih bahkan mata menjadi buta.

3. Halo adalah cahaya yang terang yang terlihat disekeliling benda yang bersinar. Terbentuknya halo adalah karena fenomena optik yang terjadi akibat refleksi (pembiasan atau pembelokan) warna yang ada dimata kita. Istilah "halo" tidak hanya digunakan pada matahari, tapi juga termasuk cahaya bulan dan cahaya lampu di kamar.

Halo yang terlihat dari Matahari


4. Di antara gunung-gunung yang terdapat di Indonesia, pegunungan "Jaya Wijaya" adalah pegunungan yang paling tinggi. Semakin tinggi suatu daerah, maka suhu udaranya akan semakin rendah. Pada dataran yang sangat tinggi, suhunya dapat menjadi lebih rendah yaitu 00c, sehingga air di tempat itu akan berubah menjadi es. Hal tersebut terjadi pada pegunungan Jayawijaya yang berada pada ketinggian 4.884 mdpl (singkatan dari meter di atas permukaan laut).
Puncak Jaya Wijaya di Papua


5. Butiran salju berasal dari butiran-butiran uap air yang naik sangat tinggi di angkasa, bergabung dengan partikel debu, membentuk kristal-kristal es. Saat kristal-kristal itu bergabung dan melekat pada uap-uap air sehingga bertambah besar, mereka menjadi kepingan salju dan jatuh menembus awan. Di daerah yang dingin, kepingan salju itu akan jatuh dalam bentuk salju. ^^

6. Tidak ada bentuk butiran salju yang sama. Tetapi kristal-kristal saju yang terdapat pada butiran salju umumnya mempunyai bentuk dasar segi enam, yang bermacam-macam variasinya. Contoh:



Macam-macam bentuk kristal es.

No comments: