My Homepages

Jan 5, 2011

Keadaan Alam Indonesia dan Pengaruhnya.

Kondisi cuaca dan iklim di muka bumi saat ini terlihat makin bervariasi dan menyimpang. Saat ini kita sering melihat, mungkin mengalami sendiri berbagai macam gejala alam seperti banjir, gempa bumi, kebakaran hutan, tanah longsor, dan lain-lain.

Secara geografis, Indonesia merupakan negara yang terletak di antara dua benua dan dua samudera, yaitu Benua Asia dan Australia serta Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Indonesia di antara Benua Asia dan Australia serta Samudera Pasifik dan Hindia.


Secara geologis, Indonesia merupakan negara yang dilintasi dua jalur pegunungan muda, yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Pegunungan Sirkum Mediterania meliputi sepanjang ujung barat laut Pulau Sumatera sampai ujung Nusa Tenggara. Pegunungan Sirkum Pasifik meliputi rangkaian pegunungan di Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua. 


Indonesia dilalui dua pegunungan muda.

Aktivitas gunung berapi menyebabkan terjadinya gempa vulkanik, sedangkan pergeseran lempeng benua menyebabkan gempa tektonik. Bila pusat gempa terjadi di lautan, maka akan terjadi badai tsunami. Bencana alam gempa dan tsunami yang terdahsyat di Indonesia terjadi padatahun 2004 di Aceh dan Sumatera Utara. Peristiwa tersebut menjadi duka bangsa Indonesia yang sangat mendalam. Banyak korban kehilangan nyawa, harta, dan tempat tinggal, Bahkan ribuan orang meninggal dan tidak ditemukan ataupun hilang.

Secara astronomis, Indonesia merupakan negara yang terletak di sekitar garis khatulistiwa. Oleh karena itu Indonesia beriklim tropis dan hanya memiliki dua musim, yaitu musim hukan dan musim kemarau. Iklim di Indonesia menyebabkan angin musim yang kadang-kadang  bisa terjadi angin topan, sedangkan curah hujan yang terjadi menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Tanah Longsor.




No comments: